Ramadhan Vaganza di Grand City
Grand City Surabaya telah siap untuk
menyambut datangnya Ramadhan. Event Ramadhan ini berlangsung pada 12-20 Juli
2014 di area Convention Hall. Ramanza akan menggabungkan beberapa program
sekaligus mulai dari pameran produk, bazaar, indie clothing, hingga stand
jajanan dalam festival kuliner, dan juga ada stand Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas
Katolik Widya Mandala Surabaya. Lebih menarik lagi ada music Patrol tradisional
yang sepanggung bersama dengan festival band. Berbagai keindahan Ramadhan lewat
bazaar dan acara kuliner diselenggarakan di Grand City dengan tema Guava
Ramadhan Vaganza. Pihak dari Grand City telah mensiapkan pembicara yang akan
mengisi Tauziah, sehingga ramadhan pun semakin berkualitas.
Kuliner tradisional telah menjadi
primadona saat menjelang bulan Ramadhan, karena ada beragam jajanan serta
makanan berat yang hanya keluar di bulan Ramadhan banyak di cari oleh
penggemarnya. Bisnis kuliner dadakan banyak yang muncul pada moment Ramadhan,
terutama di kota-kota besar. Dari hal tersebut Grand City rupanya berusaha
untuk menyelenggarakan event Ramadhan bazaar. Berbisnis di dunia kuliner memang
memerlukan kejelian tersendiri terutama dalam memilih jenis dan ras makanan,
harga dan lokasinya. Kuliner mengalami massa kejayaannya seperti moment-moment
Ramadhan hingga lebaran. Hal tersebut yang menyebabkan banyak pusat
perbelanjaan melihat bulan Ramadhan sebagai salah satu peluang untuk
meningkatkan transaksi penjualan diantaranya dengan promo jajanan Ramadhan.
Di bulan Ramadhan banyak masyarakat yang
suka dengan jajanan maupun kuliner tradisional, hal tersebut dapat meningkatkan
antusiasme yang tinggi terutama untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke pusat
perbelanjaan tsb. Mengunjungi Ramadhan Vaganza
di Grand City Surabaya bisa menimbulkan semacam stigma yang akhirnya masuk ke
alam psikologis bahwa gaya hidup masyarakat urban dalam menyambut Ramadhan
diantaranya adalah dengan menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan.
Kecenderungan ini memang sangatlah wajar, ketika sebagian masyarakat menganggap
mall sebagai tempat untuk mencari hiburan, selain melakukan transaksi
perbelanjaan. Strategi pusat perbelanjaan dalam menggelar berbagai event
bertema Ramadhan tidak lain adalah untuk memberikan pengalaman baru kepada
masyarakat tentang gaya hidup yang berkaitan dengan kepercayaan seseorang.
Dampak psikologis yang ditimbulkan memang sangat kentara ketika akhirnya banyak
kegiatan berbau keagamaan yang diselenggarakan di pusat perbelanjaan
akhir-akhir ini. Meskipun mungkin jika diperhatikan sajian jajanan dan kuliner
pada Ramadhan Bazaar tidak jauh berbeda dengan yang biasa kita dapatkan di kaki
lima, namun poin plus gaya hidup modern menjadikan Ramadhan Vaganza di Grand
City Surabaya, sesuatu yang layak untuk dikunjungi. Tidak hanya ada bazaar saja
tetapi juga mengadakan lomba nyanyi, band, dll. Banyak anak-anak yang dengan
antusias mengikuti lomba tsb, sebelum acaranya dimulai para peserta melalukan
persiapan seperti membawa alat bandnya, latihan nyanyi, dll.
Pada Event Ramadhan Vaganza pihak Grand City mengundang Fakultas
Ilmu Komunikasi Widya Mandala Surabaya untuk melengkapi sebuah rangkaian acara.
Fikom menyuguhkan foto hasil karya mahasiswa angakatan 2012 dan 2013. Foto ini
berkaitan dengan tugas yang telah diberikan oleh para dosen dan hasil karyanya ini
murni dari mahasiswa sendiri. Banyak masyarakat saat berkunjung ke stand fikom
dan mereka dengan antusiasnya menayakan mengenai hasil karya mahasiswa fikom. Bahkan
ada yang tanya dengan detail tentang pengambilan foto ini tempatnya dimana,
kemudian apakah tidak susah meminta ijin untuk mengambil foto, apakah anda
mengikuti kegiatan orang tsb?, ada juga yang menyakan mengenai fikom sendiri
itu ada mata kuliah apa saja dll. Kemudian
dari situ mahasiswa fikom menjelaskan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh
masyarakat. Setelah mendengar penjelasan dari kami ada seorang ibu yang
tertarik ingin memasukan anaknya ke fikom, ibu ini meminta brosur agar bisa di
tunjukan oleh anaknya. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa peran orang tua
bisa juga mempengaruhi anak-anaknya untuk memilih sebuah jurusan dan juga sebuah universitas.
Grand City memiliki sebuah acara yang lengkap sehingga dapat
menarik perhatian masyarakat untuk mau berkunjung ke acara Ramadhan Vaganza.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar