A

Minggu, 09 November 2014

7 Kuliner khas Lombok yang paling Populer!

Lombok Nusa Tenggara Barat tidak hanya memanjakan para wisatawan maupun surfer dengan keindahan alam serta pantai yang mempesona. Pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini juga memanjakan para penikmat kuliner dengan sajian kuliner yang membuat para penikmatnya kehilangan kata-kata. Ya, pulau Lombok dapat dikatakan merupakan surga bagi pecinta kuliner, khususnya bagi penikmat makanan dengan citarasa yang pedas. Untuk itu berikut adalah kuliner pilihan khas lombok yang sangat sayang jika anda lewatkan ketika berlibur ke Pulau cantik yang satu ini.

1. Ayam Taliwang


Ayam Taliwang adalah salah satu makanan yang paling populer di Lombok dan menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Cita rasanya yang pedas menjadi buruan para penikmat kuliner serta para wisatawan asing maupun domestik. Ayam berbumbu pedas ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahan dasar kuliner  ini adalah ayam kampung muda yang baru berusia 3-5 bulan. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan yaitu digoreng maupun dibakar. Ayam taliwang juga lebih lengkap bila dimakan didampingi Plecing kangkung serta beberok terong. Jika ingin merasakan kelezatan ayam taliwang datanglah ke Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang berada di kawasan Cakranegara. 

2. Plecing kangkung



Plecing kangkung terbuat dari bahan dasar kangkung yang direbus. Uniknya kangkung yang digunakan untuk bahan dasar makanan ini berbeda dengan  kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun dimakan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat serta menjadi kuliner incaran para wisatawan. Plecing kangkung disajikan dengan dicampur dengan sambal tomat yang terdiri dari racikan cabai rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng maupun urap. Jika inginmencicipi makanan yang satu ini silahkan mengunjungi salah satu rumah makan yang cukup  terkenal dilombok yakni Rumah Makan Dua-EM yang ada di jalan Transmigrasi 99 Mataram.

3. Sate Bulayak


Sate bulayak merupakan makanan khas lombok yang juga sangat sayang jika anda lewatkan. Sate Bulayakadalah sate daging sapi atau jeroan yang dilumuri bumbu khas Sasak. Bumbunya terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, lalu direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Setelah itu dicampur dengan bumbu-bumbu lain seperti bawang, ketumbar, jintan dan cabai. Sate yang sudah dilumuri bumbu kemudian dibakar diatas arang batok kelapa. Menyantap sate bulayak tidak lengkap jika tidak didampingi oleh Bulayak. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Hampir sama dengan lontong, bedanya bulayak di balut dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral.  Dalam bahasa Sasak “Bulayak” memang berarti “lontong”. Cara menyantapnya pun cukup unik yakni dengan mencocolkan bulayak ke bumbu sate dengan didampingi oleh sate daging yang berisi jeroan yang dilumuri bumbu khas sasak. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata seperti Pura Lingsar, Taman Narmada, dan Taman Suranadi.

4. Nasi Balap Puyung


Namanya yang unik dengan mudah menggugah para pecinta kuliner untuk mencicipi kuliner yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas ini. Nasi Balap Puyung merupakan makanan khas lombok yang secara tampilan memang tidak terlihat istimewa, tetapi rasa pedasnya membuat penikmat makanan ini cukup dibuat ketagihan. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburang udang kering, abon serta belut goreng. Di Lombok, yang paling terkenal adalah nasi balap pucung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah. Dua cabang lainnya berada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat dan Jalan Srwijaya Mataram.

5. Beberok Terong


Beberuk terong adalah makanan sejenis lalapan yang menjadi teman santapan ayam taliwang. Terong yang dipakai untuk Beberuk adalah Terong Gelantik yang mempunyai tekstur renyah dan rasa langu tetapi tidak getir atau sepet. Makanan ini sangat mudah diolah. Hanya berbekal terong gelantik yang dipotong dadu dan tomat. Bumbu halusnya terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Siram bumbu diatas terong plus perasan jeruk limau diatasnya. Rasanya manis, pedas, asam dan segar.

6. Bebalung

Bebalung merupakan menu wajib yang selalu dihidangkan pada setiap hajatan masyarakat Lombok  Tapi anda tidak perlu khawatir, Anda  tetap bisa mencicipi hidangan ini di beberapa warung dan rumah makan di Lombok. Salah satunya di depot makan yang cukup dikenal meracik Bebalung adalah Depot Kelebet yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto, letaknya tepat berada di belakang kantor Gubernur NTB. Dengan harga sekitar Rp. 25.000 saja, kita dapat menikmati kelezatan masakan ini. Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu tambahkan sedikit garam dan asam agar masakan lebih awet. Racikan bumbu semacam ini oleh masyaralat Sasak disebut sebagai ragi rajang.
7. Ares

Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelapah atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang diolah dengan santan ini cukup unik, manis dan gurih.  Ares yang merupakan makanan tradisional Suku Sasak ini pada awalnya hanya disajikan saat acara "begawe" yakni acara makan-makan setelah berlangsungnya pernikahan. Jika dalam sebuah acara pernikahan, Ares biasanya dimasak dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan panci besar untuk memasaknya. Proses memasak dengan ukuran super ini biasanya memakan waktu hingga 1 jam. Setelah matang, Ares dipindahkan ke dalam panci yang lebih kecil atau piring agar lebih mudah untuk dibagikan. Banyak orang yang berpendapat bahwa tidak lengkap sebuah pesta pernikahan jika tidak ada hidangan Ares didalamnya. Kini Ares banyak ditemui di warung-warung biasa sebagai makanan sehari-hari. Jika Anda jalan di seputaran Mataram dan Cakranegara, ada banyak warung makan yang menjual Ares.

Berikut merupakan sedikit ulasan mengenai 7 makanan populer pilihan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang patut anda  coba ketika anda berkunjung ke pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini. Ibarat "sambil menyelam minum air", tidak ada salahnya kan...  sambil berwisata dan berkunjung ke lokasi wisata dilombok sempatkan untuk menikmati dan mencicipi kuliner khas pulau lombok yang terkenal dengan citarasanya yang pedas. Salam traveler sejati :). (ldy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates