A

Rabu, 26 November 2014

Travelling yuk !!! ke Batu, Malang

BATU-MALANG

Pulau Sempu


Pulau Sempu adalah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau jawa. Pulau ini berada dalam kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau. Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapatkan perijinan. Menyewa perahu denga tariff pulang pergi dengan biaya Rp. 100.000 tidak bisa ditawar-tawar lagi. Pulau sempu merupakan sebuah pulau yang berada pada kawasan lindung dengan hutannya yang lebat alami, atau disebut cagar alam pulau sempu, masuk dalam resort konservasi wilayah pulau sempu. Tapi sebelum pergi kepulau tersebut harus ijin dulu ke kantor resort dulu dengan menandatangani perjanjian yang isinya semua rombongan yang kita bawa dan apapun yang terjadi disana akan kita pertanggung jawabkan sendiri. Deal!, langsung tanda tangan dan sedikit uang administrasi bisa kita kantongi ijin ke pulau tersebut. Perjalanan bisa sampai 4 jam kalau sedang musim penghujan, licin sekali berkali-kali jatuh. . Badan kembali segar, itulah nikmatnya berenang kalau kita dengan susah payah menempuh perjalannya, dangkal dan kecil ombaknya sangat cocok untuk anak-anak. Di sekeliling segara nampak tebing-tebing indah setengah lingkaran membatasi segara dengan laut lepas pantai selatan. Rasa capek di bayar sepadan dengan segarnya air asin.

Goa Cina


Malang tidak hanya terkenal dengan Sendang Biru atau Sempu yang punya pantai-pantai cantik. Di sana juga ada Pantai Goa Cina yang menarik untuk didatangi. Perpaduan bebatuan karang dan hamparan pasir putihnya sungguh memanjakan mata.
Potensi alam yang ada di Kabupaten Malang, Jatim, memang sangat melimpah. Apalagi di bagian selatannya, terdapat banyak pantai indah. Setiap pantainya pun punya keunikan masing-masing.
Salah satu pantai cantik di Kabupaten Malang adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjanan dari pusat Kota Malang untuk tiba di Pantai Goa Cina.
Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandang yang menawan. Hamparan sawah serta pegunungan kapur yang hijau dijamin memanjakan mata. Akses jalannya pun cukup bagus, meskipun tidak dengan akses jalan masuk menuju Pantai Goa Cina. Akses jalan masuk menuju pantai masih berupa jalan tanah dengan bebatuan yang besar, sehingga menyulitkan kendaraan untuk masuk ke area pantai. Namun sulitnya medan itu sebanding dengan panorama alam yang disajikan Pantai Goa China. Tiket masuk Pantai Goa China sebesar Rp 4.000 dan parkir kendaraan sebesar Rp 5.000. Luas area Pantai Goa China tidak begitu luas, namun keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah.
Lama perjalanan seolah terbayar impas saat Anda melihat keindahan Pantai Goa Cina. Hamparan pasir putih dan beberapa pulau karang kecil di sini sangat elok dipandang. Wajib rasanya untuk foto-foto di sana. Para wisatawan dilarang untuk berenang atau melakukan aktivitas air, dikarenakan besarnya ombak dan kedalaman yang curam, serta arus bawah laut yang kuat

Air Terjun Coban Rondo


Coban Rondo. Nama Coban memiliki arti air terjun, sedangkan Rondo adalah Janda. Air terjun yang indah ini jatuh di lereng Gunung Panderman resor yaitu sekitar 32 km dari barat ke Malang, sangat menarik untuk dikunjungi. Ketinggian air terjun sekitar 84 meter. Pengunjung dapat menemukan dan menikmati keindahan panaroma, karena dapat memberikan kesan damai di sekitar air terjun. HTM    : Rp. 7.500 – 10.000 belum termasuk parkir dan kendaraan. Fasilitas: Hotel, outbond, tempat parkir, dan kamar mandi

Pantai Sendang Biru


Pantai Sendang biru terletak pada 69 km ke arah selatan dari kota Malang. Untuk bisa mengunjungi tempat tersebut maka harus melewati Turen, kemudian Sumbermanjing Wetan. Tempatnya sih berada di kecamatan Sumber Manjing Wetan. Pantai Sendang biru lebih dikenal sebagai tempat pendaratan dan pelelengan ikan di Kabupaten Malang. Anda bisa menyewa kapal tersebut untuk berkeliling di sekitar pantai. Biaya yang dipatok tidak terlalu mahal, hanya Rp 100.000 untuk kapal motor dan Rp 50.000 untuk kapal yang didayung. Di tengah laut, Anda bisa melihat ke bawah. Di sana pemandangan bawah laut jelas terlihat. Ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang membuat pengalaman Anda mengunjungi Pantai Sendangbiru tidak akan terlupakan. Perahu bisa dinaiki maksimal sampai 12 orang. (azl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates