A

Jumat, 28 November 2014

Tempat Wisata Papua yang Wajib Dikunjungi!



         Papua yang juga dikenal dengan sebutan Irian Jaya adalah provinsi paling timur Indonesia dengan tradisi dan budaya yang unik. Papua juga memiliki tempat wisata menarik contohnya Raja Ampat, situs diving yang sangat fantastis. Ini beberapa tempat wisata menarik yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Papua:

RAJA AMPAT

Merupakan tempat wisata di Papua yang terkenal karena keindahan yang luar biasa. Raja Ampat artinya “Empat Raja”, sesuai dengan jumlah pulau besar di wilayah ini. Di sini, kamu bisa menemukan surga bawah laut yang disebut Raja Terumbu Karang. Gelar tersebut diberikan karena Raja Ampat memiliki 75% jenis-jenis terumbu karang yang ada di dunia! Raja Ampat juga kaya akan fauna bawah air seperti kuda laut, hiu karpet dan pari manta. Bagi penggemar diving, kamu wajib mengunjungi tempat ini jika kamu menginginkan pengalaman menyelam yang menakjubkan. Yang harus diingat, untuk diving di Raja Ampat, kamu harus melakukan booking dahulu sebab banyak yang mengantri demi kesempatan menyelam ini J

DANAU SENTANI

Danau Sentani memang tidak seterkenal Raja Ampat, namun tempat ini menawarkan pemandangan danau yang sangat indah. Berada di antara Pegunungan Cyclops, sekitar 70–90m di atas permukaan laut. Danau ini merupakan danau terbesar di Papua. Air danau ini berasal dari 14 sungai dengan satu air terjun bernama Jaifuri Puay. Ada 24 desa tersebar di tepi danau dan sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau. Untuk menjelajahinya, kamu bisa menggunakan perahu yang disewakan di sekitar danau. Pemandangan alam yang masih asli bisa kamu peroleh di sini. Seperti pemandangan bangau yang mencoba menangkap ikan di permukaan danau. Sebuah pemandangan yang biasanya hanya dapat kamu saksikan televisi, bukan?

TAMAN NASIONAL LORENTZ

Taman Nasional Lorentz terbentang dari Puncak Gunung Jaya Wijaya hingga ke perairan Laut Arafuru. Taman nasional ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1999. Selain keragaman floranya, fauna di taman nasional ini juga sangat beragam. Babirusa, wallabies, kucing liar, kuskus dan kangguru pohon ada di wilayah hutan ini. Selain mamalia tersebut, ada juga sekitar 630 spesies burung (70% dari spesies burung di Papua) seperti Kasuari, Megapoda, Beo, Dara, Burung Udang, Burung Madu dan yang paling langka, Cendrawasih, ikon Papua sendiri.

SALJU ABADI PUNCAK JAYA WIJAYA

Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu dari Seven Summits (Tujuh Puncak) yang menjadi target para pendaki gunung profesional di seluruh dunia. Gunung ini ditutupi oleh salju abadi yang merupakan salah satu dari tiga salju abadi yang ditemukan di daerah tropis. Carstenz Pyramid (4884m di atas permukaan laut) adalah salah satu puncak Jaya Wijaya yang mendapatkan predikat sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara dan wilayah Pasifik. Carstenz Pyramid tidak hanya terkenal karena ketinggiannya, tapi juga karena ketebalan saljunya. (AsT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates