A

Jumat, 28 November 2014

Rambut Sehat Impianmu :)

          Rambut merupakan mahkota bagi para wanita. Memiliki rambut indah, lembut dan mudah diatur tentu adalah impian setiap wanita. Banyak wanita yang rela berlama-lama di salon dan menghabiskan banyak uang untuk perawatan mahkota cantik ini.  Tapi tentu ada cara yang lebih hemat dan mudah daripada nyalon. Yup!! Perawatan secara alami!!
          Di bawah ini beberapa cara merawat rambut secara alami yang dapat Anda praktekkan di rumah dan tentunya tidak menghabiskan banyak uang:
  1. Kebersihan kulit kepala & rambut–menjaga kebersihan kulit kepala sangat baik untuk mendapat rambut yang indah dan sehat. Caranya tentu dengan mencuci rambut secara rutin dan teratur. 
  2. Hindari air panas–jangan keramas menggunakan air panas, karena air panas akan membuat rambut kering dan rapuh karena hilangnya minyak alami dari rambut. 
  3. Hati-hati mengeringkan dengan handuk–menggosok rambut basah dengan handuk dapat membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang handuk sehingga mudah putus, rusak pada kutikula dan ujung rambut terbelah. Jadi saat mengeringkan dengan handuk, tepuk-tepuk saja rambut basah pada handuk lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. 
  4. Biarkan rambut kering alami–akan lebih baik jika setelah keramas, biarkan rambut kering dengan sendirinya bukan dengan bantuan hair dryer. Menggunakan teknik pengeringan dengan alat panas akan membuat rambut mudah rapuh dan kering. 
  5. Teknik menyisir–cara terbaik untuk menyisir rambut adalah dengan terlebih dahulu menyisir ujungnya untuk mengurangi kusut, kemudian baru dilanjutkan menyisir dari akar rambut ke ujung. Ini akan membantu penyebaran minyak alami dari rambut dan mengurangi resiko kerusakan rambut.
          Tips diatas sangat mudah dilakukan sendiri sehingga tak perlu repot-repot ke salon dan menghabiskan banyak uang untuk berbagai perawatan. Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu para wanita menjaga kelembutan dan kesuburan rambut:
  1. Menggunakan putih telur ayam kampung; Siapkan 1 butir telur ayam kampong, ambil putih telurnya saja. Oleskan putih telur pada rambut mulai dari akar hingga ujung dengan merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Keramas dengan shampoo untuk menghilangkan bau amis. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.
  2. Menggunakan lidah buaya; Siapkan daging lidah, haluskan. Oleskan pada rambut secara merata mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.
  3. Menggunakan madu; Madu dikenal memiliki beragam khasiat, termasuk melembutkan dan menghitamkan rambut. Caranya, oleskan madu pada rambut mulai dari akar hingga ke ujung secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu keramaslah hingga bersih. Lakukan secara rutin.
  4. Menggunakan santan kelapa; Tidak hanya sebagai bahan masakan, santan kelapa juga dapat digunakan untuk melembutkan rambut. Caranya, siapkan santan kelapa kental. Oleskan pada rambut secara merata. Agar rileks, bisa juga melakukan sedikit pijatan pada kulit kepala. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas atau keramas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang memuaskan.
          Selain mudah dan murah, tentunya bahan alami jauh lebih baik dibandingkan bahan-bahan yang menganding zat kimia. Nah, semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membantu Anda mengatasi kesulitan dalam merawat si mahkota cantik nan berharga. Selamat mencoba! (AsT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates