A

Jumat, 28 November 2014

Hobi Wanita Yang Menghasilkan Uang!!

         Setiap orang memiliki bakat uniknya masing – masing. Berbagai bakat yang kemudian menjadi hobi dapat dikembangkan menjadi lebih produktif dan menghasilkan uang. Berikut beberapa hobi yang banyak digemari dan ditekuni oleh para wanita, plus menghasilkan income tambahan untuk belanja keluarga.
  • Crochet atau merenda dengan benang. 

Kerajinan crochet ini bisa menghasilkan tempat tisu, cape, syal, hingga stola (selendang panjang), bahkan sebuah rok. Tidak sulit untuk menemukan tempat belajar kerajinan ini. Kini sejumah mall dan pusat belanja atau toko kerajinan tangan sering menyediakan kelas kursus sekaligus menyediakan bahan dan buku panduan belajar.
Benang dan wol bisa diperoleh di toko khusus kerajinan tangan maupun beberapa toko lain. Untuk wanita yang merasa cepat dan mampu belajar lewat online, bisa bergabung dalam milis Milis Dinamic Crochet.
Karya yang cukup bagus dan layak jual, bisa dipastikan akan ada anggota milis yang bersedia merima dan menjual dioutlet miliknya. Keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 100% atau lebih, tergantung tingkat kerumitan hingga ukurannya.

  • Membuat aksesoris dari manik-manik atau Beads

Kerajinan ini kelihatannya mudah. Namun jangan salah, karena membuat ikatan atau simpul pengikat aksesoris ini membutuhkan keterampilan dan alat khusus. Namun tak perlu khawatir, karena sejumlah toko penjual manik-manik kerap menawarkan kursus kilat membuat aksesoris. Anda juga bisa belajar lewat buku. Jika Anda berhasil menguasai keterampilan ini, maka hobi Anda berikutnya adalah mematut diri di depan cermin dengan hasil kreasi aksesoris yang dibuat sendiri.
Semakin bagus bahan manik-manik dan hasil pembuatan, maka makin mahal harga jualnya. Bahannya bisa menggunakan batu swarovsky, mutiara, glassbeads, hingga yang murah meriah yaitu manik-manik dari plastik. Hobi ini bisa menghasilkan gelang, kalung, bros, atau cincin.

  • Sulam Benang

Hobi ini bisa dikatakan yang paling banyak ditekuni oleh ibu rumah tangga. Dibutuhkan keterampilan dan ketekunan khusus karena yang akan digunakan adalah benang. Namun jika sudah terampil, maka hasil sulaman benang bisa menjadi hiasan pakaian dengan motif bunga hingga tribal.
Hasil kreasi sulam benang bisa untuk menghiasi baju, sepatu, kerudung, hingga kain untuk pakaian. Banyak lembaga yang menyediakan kursus singkat hingga terampil untuk hobi yang satu ini. Jika Anda cukup yakin dengan hasil karya Anda, cobalah pamerkan ke teman – teman atau keluarga. Mungkin mereka akan menjadi pasar tetap untuk karya-karya Anda berikutnya.

  • Sulam Pita

Hobi ini sama dengan sulam benang, hanya perbedaan bahan yang digunakan adalah pita yang lebih lebar dan caranya tidak terlalu rumit. Namun untuk menjaga agar sulaman pita tetap terbuka pada kain juga bukan hal yang mudah. Hiasan sulam pita bisa digunakan pada baju, kerudung, sepatu serta tas. Sulam pita juga bisa menghiasi sarung bantal sofa. 
Jika karya sulam benang maupun pita yang Anda buat masuk kategori well done, tak perlu sungkan untuk menawarkan ke butik - butik. Sulam benang dan pita juga kerap mempengaruhi harga pakaian jadi. Bahan pita bermacam-macam; pita satin, organdi, beludru, hingga sutra.

  • Cross stich atau Kruistik

Hobi yang satu ini relalif mudah, sehingga sering diajarkan di bangku SMP. Namun semakin rumit dan semakin besar kruistik dibuat, bisa dipastikan harganya akan makin mahal. Jika Anda cukup kreatif untuk membuat karya yang relatif rumit dan besar, maka hasilnya bisa disejajarkan dengan karya lukis, dan layak untuk dititipkan di sebuah galeri untuk dijual.

  • Patchwork

Patchwork membutuhkan keterampilan khusus. Patchwork merupakan seni perca; menyambung potongan-potongan kain agar menjadi suatu motif atau pola baru. Sejumlah tempat kursus jahit kini membuka layanan belajar patchwork hingga terampil. Hasil karya patchwork bisa berupa pakaian hingga hiasan dinding.

  • Clay Miniature

Hobi yang satu ini kini banyak digandrungi tak hanya oleh kaum hawa, tapi juga kaum pria. Dengan tepung clay, Anda bisa membuat miniatur buah, replika makanan, hingga miniatur toko atau warung. Hasilnya luar biasa, sebuah miniatur warung dengan luas 40 x 20 cm bisa dihargai Rp.9 juta di pameran. Jika Anda mahir membuat karya dari clay, dipastikan anda tak akan khawatir mencari pasar karena banyak yang  menggemari hasil kerajinan ini.

  • Doll/ Figure Collecting

Mengoleksi boneka untuk kaum hawa bukan suatu hal yang istimewa. Namun tahukah Anda, bahwa boneka-boneka atau figure yang sudah langka yang mungkin Anda koleksi bisa dilelang relatif mahal dari harga ketika dulu Anda beli.
Sebuah komunitas penyuka model mainan dan figur bernama Tomoci (Toys dan Models Collector Indonesia) membuat kegiatan bulanan bernama Tomoci Fair. Maka jika Anda memiliki koleksi Barbie yang sudah langka, sangat bisa Anda membandrolnya dengan harga puluhan kali lipat saat dipamerkan. Semakin langka sebuah boneka yang Anda miliki, semakin bebas Anda menetapkan harga.

  • Memasak

Hobi yang satu ini paling mudah ditransformasikan menjadi dana tambahan belanja. Namun untuk tidak terkesan sekadar menjual makanan ala warung, Anda bisa belajar memasak di tempat – tempat kursus agar bisa profesional. Di tempat kursus Anda dapat diajari ilmu gizi, hingga manajemen pemasaran.

Hasil karya dari hobi kerajinan tangan dapat dijual lewat pameran-pameran serta bazaar yang biasa digelar oleh suatu lembaga atau komunitas. Anda juga bisa memasarkannya lewat dunia maya. Sangat mudah! Buatlah blog khusus yang memamerkan karya-karya terbaik Anda, dan paparkan alamat Anda.
Maka hobi tak sekadar hobi, namun hobi yang tertata untuk mendatangkan uang!!! (AsT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates